Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Pulau Samosir dan Sekitarnya


Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di Pulau Samosir dan Sekitarnya - Kamu tahu enggak kalau destinasi di Sumatera Utara yang sangat populer salah satunya adalah Danau Toba. Tapi, jangan kamu pikir kalau di Danau Toba cuma ada wisata air atau perahu. Danau terbesar di Indonesia ini, bahkan terbesar di Asia Tenggara, ini ternyata punya beragam objek wisata yang unik, mulai dari alam hingga budaya.
Berikut ini rekomendasi destinasi menarik dari Jalan2Men yang bisa kamu datangi di sekitar Pulau Samosir dan sekitarnya.

1. Onan Runggu
  
Siapa yang tidak kenal Pulau Samosir? Pulau yang berada di tengah Danau Toba ini memang menyimpan sejuta daya tarik. Keindahan alamnya tentu tak perlu diragukan lagi. Kamu bisa menaiki angkutan umum atau menyewa sepeda motor untuk berkeliling Samosir. Kalau ingin menikmati pemandangan Danau Toba dari atas, kamu bisa menuju Onan Runggu. Di sana ada sebuah pondok tempat memandang ke arah danau yang sangat indah.

Baca Juga : Pulau Komodo, Memang AMAZING !!!

Untuk menuju Pulau Samosir, dari Prapat kamu naik angkutan umum ke Pelabuhan Ajibata, lalu menaiki kapal motor ke Pelabuhan Tomok di Samosir yang jalan setiap jam. Perjalanan tak sampai tiga puluh menit.

2. Museum Batak
 

Museum berbentuk rumah adat Batak ini terletak di Tomok, tak jauh dari pelabuhan. Kamu cukup berjalan kaki ke arah kanan, lihat jajaran penjual suvenir, lalu masuk ke sebuah gang menuju Makam Raja Sidabutar. Di sekitar situ pula museum ini terletak.

Di dalamnya museum ini terdapat peninggalan-peninggalan suku Batak, seperti senjata, pakaian adat, dan alat rumah tangga orang Batak kuno. Pokoknya kalau mau tahu lebih banyak tentang riwayat Batak, kamu mesti ke sini.

3. Makam Tua Raja Sidabutar
 

Terletak berdekatan dengan Museum Batak, di pemakaman ini terdapat beberapa makam batu yang berukir kepala manusia. Makam batu yang berada di atas tanah ini adalah makam tiga raja keturunan Sidabutar beserta kerabatnya.

Kalau ke sini, kamu bisa berbincang dengan pemandu yang ada untuk mengetahui tentang sejarah kerajaan Batak. Di makam ini juga terdapat banyak ukiran khas Batak. Contohnya adalah ukiran cicak di gapura dan empat payudara ibu. Cicak berarti orang Batak harus bisa beradaptasi di mana pun berada, sementara empat payudara berarti orang Batak harus memiliki banyak anak.

4. Objek Wisata Budaya Sigale-gale

Di kampung ini terdapat Sigale-gale, sebuah patung yang konon dapat bergerak-bergerak dan menari sendiri. Asal-usul Sigale-gale cukup menarik. Konon ia adalah anak seorang raja yang meninggal di medan perang. Kematiannya menyebabkan sang raja mengalami gangguan jiwa.

Untuk mengobatinya, seorang tabib berusaha memanggil roh anak itu dan memasukkannya ke dalam kayu yang dipahat menyerupai wajahnya. Kemudian, patung Sigale-gale itu pun menari Tor tor dengan iringan musik khas Batak Toba.

Anda mungkin menyukai postingan ini